Tips Cara Belanja Aman di Marketplace Online Shop (Tokopedia) Untuk Pemula

Hai, apa kabar teman-teman semuaa ^^

Aku mau tanya niih…

  • Kamu udah pernah kah belanja di marketplace online shop?
  • Mau belanja onlineshop tapi takut ketipu? Entah dapet barang jelek, atau dikirimin barang yang salah?
  • Udah pernah belanja via online tapi kapok karena barang yang dateng gak sesuai deskripsi?
  • Penasaran cara belanja di Tokopedia?

Nah, aku mau berbagi pengalaman mengenai Belanja Aman di Marketplace Online Shop (Tokopedia) Untuk kamu-kamu yang pemula nih.

Tapi, di sini bukan tips cara belanja, order, atau konfirmasi pembayaran yaa.. Yang mau aku share adalah tentang tips belanja aman, sehingga in syaa Alloh memperkecil kemu ketipu, atau nyesel belanja online. Atau paling tidak, kalo terlanjur kedapetan barang yang gak sesuai, di sini aku mau mengingatkan kembali pentingnya “Complaint”

Selain itu, kenapa Tokopedia, bukan yang lain? Soalnya banyak yang nanya ke aku cara belanja di situ..

Ini bukan promosiin tokopedianya atau toko2 yang ada di sana yaa..tulen untuk sharing aja.

Kalo mau yang paling aman sih ya belanja fisik. Tapi, mengingat belanja online makinn ke sini semakin memudahkan kita-kita yang sibuk, ada baiknya aku sharing pengalaman aku, biar teman-teman yang pingin belanja online bisa lebih pede.

Kalo gak mau marketplace, tapi mau belanja online, ya mending belanja ke situs resmi si produk, atau bisa juga sih belanja kayak ke bestbuy, sociolla, shoppe, atau hijup. Untuk kali ini, aku berbagi yang tokopedia yaa teman-teman.

 

Cara Belanja Aman 

Pertama buka situs tokopedia.com silahkan kamu browsing ria bagaimana tata cara belanja di situ, baca gimana cara order, konfirmasi, dll, di menu yang tertampil.

Tokopedia itu marketplace, dia gak jualan. Ibarat mal, dia nyediain ruang buat orang lain buka toko di “mal” virtualnya. Makanya kita kudu jeli.

Yuk ikuti tips dari aku berikut ini:

  • Silakan cari produk kamu di menu pencarian
  • Lalu, urutkan berdasarkan harga, atau popularitas, atau review. Tujuannya ya biar kita dapet harga termurah, tapi review tokonya bagus. (lihat Gambar 1)
Tokopedia

Gambar 1. Lingkaran Biru (atas) untuk Pencarian. Lingkaran Merah (samping kiri) untuk mengurutkan pencarian kita.

  • Nah, lihat Reputasi tokonya, jangan keburu seneng harga murah, cari yang udah dapet bintang emas/perak soalnya berhubungan dengan kejujuran toko juga nih.

Jangan terkecoh dengan kata-kata gold merchant, itu mah buat yang bayar iklan ke tokopedia, supaya tokonya dipromosiin terus. Lihatnya tanda Reputasi yaa. Contoh, di kiri nama toko ada tanda jempol atau tanda kurva ke atas. (Gambar 2)

tokopedia 1

Gambar 2. Lingkaran Merah adalah simbol Reputasi Toko. Lingkaran Biru adalah informasi Merchant (promosi berbayar gitu lah)

  • Setelah mendekatkan ke tanda Reputasi. Untuk kurva, pastiin seenggaknya tu toko punya bintang perak apa nggak..ato beberapa perunggu lah, tapi yang bagus sih bintang emas. Gold merchant belum tentu reputasinya juga gold yaa..makanya dilihat baik-baik dengan tenang dan sabar 🙂 (Gambar 3 dan Gambar 4)
tokopedia 3

Gambar 3. Deketin Kursor Ke Simbol di kiri Toko, maka munculah Reputasi Toko.

 

tokopedia 4

Gambar 4.  Informasi Toko. Baca Keterangan dari Tokopedia, yang aku Lingkar Merah yaa

 

Kalo aku, apabila menghadapi harga barang tidak terlewat jauh atau bahkan sama, ya pilih yang data Statistiknya penjualannya lebih tinggi dong.

Setelah terjamin bahwa Toko Online-nya reputasi penjualannya bagus, baru deh masuk ke produk yang kita mau beli, dan ikuti tips berikut:

  • Baca baik-baik review orang-orang, lihat status bintang reviewnya, minimal, cari yang udah banyak ngereview dan bintang 4 deh biar aman (Gambar 5)

 

Pentingnya Diskusi Produk

Eits, reputasi toko bagus, review bagus, sebelum belanja, Diskusi Produk dulu yaa (Lihat Gambar 5), Yang perlu ditanyakan:

  1. Produk dijamin asli original 100% dan kondisi baru kah?
  2. Ready stock gak? sekalian kasitau kamu niatnya beli berapa banyak
  3. Ready warna yang kamu cari kah?
  4. Kapan tanggal kadaluarsa (untuk produk makanan dan kosmetik)

Tunggu si toko menjawab, setelah terjamin barang original 100% dan ready, silahkan deh urus belanjaan kamu.

tokopedia 5

Gambar 5. Lingkaran Merah (atas) adalah kolom Review dan Diskusi Produk. Lingkaran Merah (tengah) muncul setelah kamu klik Opsi Review, dimana menunjukan Total Transaksi Yang berhasil (kalo gak 100% biasanya karena ada stok kosong, jd transaksi batal) Yasng Lingkaran Biru (bawah) adalah Total Bintang Kepuasan Pembeli, di sini si toko dapet 5 Bintang, artinya ya bagus. Maaf, toko dan harga kali ini disensorr yaa..takut dibilang iklan siih. hehe

 

Barang sudah sampai

Sesampainya barang di rumah, segera cek kesesuaian dengan deskripsi produk toko dan hasil diskusi pembelian kamu. Karena, terhitung 1-7 hari pada status resi dari Jasa Kurir sudah “Diterima”, uang kita masih disimpenin ama Tokopedia, belum dikirim ke toko. Setelah lewat 7 hari, secara otomatis uang ditransfer ke toko oleh Tokopedia. Jadi dalam 7 hari, kamu yang kecewa dengan produk (misalnya ternyata kadaluarsa) segera ketik “Complaint” atau “Komplain” di bagian konfirmasi.

Tapi, kalo ternyata barangnya sesuai dengan deskripsi dan hasil Diskusi Produk, segera konfirmasi yaa, kasian tokonya nungguin duit..biar modalnya muter kan 🙂

 

PENTING!!!

Ingat, sekali lagi,  jangan asal barang datang dari kurir, belum dicek udah klik “Yes” di bagian konfirmasi loh! Karena setelah klik “Yes” pada opsi barang diterima, maka sistem Tokopedia secara otomatis mentransfer uang kamu ke toko. Kalo sudah begitu, komplain kamu gak akan diterima, karena dianggap udah puas dengan yang kamu beli.

Jika kita klik “Complaint” dan mau tukar barang, atau pengembalian uang, atau protes ke toko, masuk aja ke Pusat Resolusi. Ketentuannya bisa kamu baca di sini

Jadi, sekali lagi, cek dulu yaa dengan baik barang yang kamu terima sebelum konfirmasi penerimaan ke Tokopedia.

 

Lohh, kok, Barang Belum sampai tapi resi di akun Tokopedia menyebutkan sudah sampai…???

Nah sama dengan di atas, masuk ke pusat resolusi, caranya di sini yaa

 

Barang Sampai dan Sesuai

Segera konfirmasi “Yes” dan Ingat untuk mereview.

Review penting untuk evaluasi Toko baik oleh Seller maupun Tokopedia, dan lebih penting lagi, bagi Pembeli lainnya ya. Ingatlah untuk selalu jujur dalam mereview yaa teman-teman (^_^)

 

Kesimpulan

  1. Dalam pembelian di marketplace seperti Tokopedia, selain mencari harga ter miring, penting untuk mengetahui reputasi toko, statistik penjualan, serta review pembelian.
  2. Pentingnya mengetahui simbol-simbol yang sudah difasilitasi dengan baik oleh Tokopedia, supaya kita para pembeli, merasa aman.
  3. Yang jual banyak, iya betul. Makanya harus jeli dan teliti.
  4. Sabaaar kalo mau beli, dibawa santai aja.
  5. Sebagai pembeli, kita mau beli di toko yang jujur, makanya pastikan kejujuran mereka di kolom Diskusi Produk, dan kita juga harus jujur saat mereview.

 

Demikian tips dari aku kali ini. Semoga bermanfaat buat teman-teman yang pemula yaa 🙂

 

Leave a comment